SMKN 1 Purwokerto Gelar Upacara Peringatan Hari Ibu

SMKN 1 Purwokerto menggelar upacara peringatan Hari Ibu pada Jumat, 22 Desember 2023. Upacara yang berlangsung di halaman sekolah tersebut diikuti oleh seluruh guru, dan karyawan.

Upacara dipimpin oleh Dra. Sri Hartati. Beliau membacakan sambutan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Bintang Puspayoga.

Dalam sambutannya, Bintang Puspayoga menyampaikan bahwa Hari Ibu merupakan momentum untuk mengenang jasa para ibu yang telah berjuang untuk memajukan bangsa. Ia juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan bangsa.

“Hari Ibu merupakan momentum untuk kita mengenang jasa para ibu yang telah berjuang untuk memajukan bangsa. Para ibu telah berperan penting dalam keluarga, masyarakat, dan bangsa. Oleh karena itu, kita harus meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan bangsa,” ujar Bintang Puspayoga.

Ia juga menyampaikan bahwa perempuan memiliki potensi yang besar untuk berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Oleh karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memberikan kesempatan dan dukungan kepada perempuan untuk mengembangkan potensinya.

“Perempuan memiliki potensi yang besar untuk berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Oleh karena itu, kita harus memberikan kesempatan dan dukungan kepada perempuan untuk mengembangkan potensinya,” imbuhnya.

Hari Ibu ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia, Soekarno, melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 316 Tahun 1959. Keppres tersebut ditetapkan pada tanggal 22 Desember 1959.

Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember. Tanggal tersebut dipilih karena bertepatan dengan Kongres Perempuan Indonesia I yang dilaksanakan pada tanggal 22-25 Desember 1928.

Kongres Perempuan Indonesia I merupakan pertemuan para perempuan Indonesia yang bertujuan untuk memperjuangkan hak-hak perempuan dan kemajuan bangsa. Pada kongres tersebut, para perempuan Indonesia merumuskan tujuan dan cita-cita perjuangan perempuan Indonesia.

Penetapan Hari Ibu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya peran perempuan dalam pembangunan bangsa. Perempuan memiliki peran yang sangat penting dalam keluarga, masyarakat, dan bangsa. Perempuan merupakan madrasah pertama bagi anak-anak, dan mereka juga berperan penting dalam kemajuan bangsa.

Upacara peringatan Hari Ibu di SMKN 1 Purwokerto merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya peran perempuan. Upacara tersebut diharapkan dapat menanamkan rasa cinta dan kasih sayang kepada ibu, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya peran perempuan dalam pembangunan bangsa.

Upacara peringatan Hari Ibu di SMKN 1 Purwokerto memiliki keunikan tersendiri. Semua petugas upacara terdiri dari ibu-ibu guru. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa ibu-ibu guru memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *