cropped-SMK-N-1-PURWOKERTO-e1646438713453.png

SMKN 1 Purwokerto Gelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara

Hari Bela Negara ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 28 Tahun 2014. Keppres tersebut ditetapkan pada tanggal 15 Agustus 2014. Hari Bela Negara diperingati setiap tanggal 19 Desember. Tanggal tersebut dipilih karena bertepatan dengan kelahiran Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Penetapan Hari Bela Negara bertujuan untuk meningkatkan kesadaran bela negara di kalangan masyarakat Indonesia. Bela negara merupakan kewajiban setiap warga negara Indonesia untuk mempertahankan kedaulatan negara Indonesia.

Bela negara dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik secara fisik maupun nonfisik. Secara fisik, bela negara dapat dilakukan dengan cara mengikuti pendidikan militer, mengikuti latihan dasar kemiliteran, atau bergabung dengan TNI. Secara nonfisik, bela negara dapat dilakukan dengan cara belajar dengan giat, berkarya, dan memberikan sumbangsih bagi kemajuan bangsa.

SMKN 1 Purwokerto menggelar upacara peringatan Hari Bela Negara pada Selasa, 19 Desember 2023. Upacara yang berlangsung di halaman sekolah tersebut diikuti oleh seluruh guru, dan karyawan.

Dalam amanatnya, Drs. Dani Priya Widada menyampaikan bahwa Hari Bela Negara merupakan momentum untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan kesadaran bela negara. Ia juga mengajak seluruh warga sekolah untuk cinta tanah air dan siap membela negara.

“Hari Bela Negara merupakan hari untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, kita harus mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif,” ujar Dani Priya Widada.

Selain itu, Dani Priya Widada juga menyampaikan bahwa bela negara bukan hanya tugas prajurit, tetapi juga tugas seluruh warga negara Indonesia. Ia mengajak seluruh guru dan karyawan untuk ikut serta dalam bela negara dengan cara-cara yang sesuai dengan kapasitas masing-masing.

“Bela negara tidak hanya dilakukan dengan cara mengangkat senjata. Kita juga bisa membela negara dengan cara belajar dengan giat, berkarya, dan memberikan sumbangsih bagi kemajuan bangsa,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *