SMKN 1 Purwokerto Gelar PKKS Berbasis Paperless

SMKN 1 Purwokerto menggelar penilaian kinerja kepala sekolah (PKKS) pada hari ini, Senin (11/12). PKKS kali ini sedikit berbeda dibanding tahun sebelumnya, yaitu berbasis paperless atau tanpa kertas. Semua dokumen yang dibutuhkan dalam pelaksanaan PKKS disiapkan secara digital dan diunggah ke situs web PKKS yang telah disiapkan khusus. Selain itu, juga dibuat microsite untuk menampung link dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Kegiatan PKKS diawali dengan presentasi dari Kepala SMKN 1 Purwokerto, Drs. Dani Priya Widada. Beberapa hal yang ditampilkan diantaranya adalah prestasi, tracer study, Tindak lanjut temuan PKKS tahun sebelumnya dan juga kelas industri yang ada di SMKN 1 Purwokerto.

“Dengan berbasis paperless, kami berharap proses PKKS dapat berjalan lebih efisien dan efektif, apalagi fokus penilaian saat ini adalah proses layanan ke peserta didik” kata Pengawas Pendamping Cabdin X, Haryanto, S.TP, MP.

Haryanto menjelaskan, penggunaan teknologi informasi dalam pelaksanaan PKKS merupakan salah satu upaya sekolah untuk mewujudkan sekolah digital. “Kami ingin sekolah bergerak menjadi sekolah yang modern dan adaptif terhadap perkembangan teknologi,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan PKKS berbasis paperless, tim penilai yang terdiri dari Haryanto, S.TP, MP dan Amin Purwono, S.Pd, M.Ak juga memberi apresiasi semua pihak di SMKN 1 Purwokerto yang telah bekerja keras untuk menyukseskan pelaksanaan PKKS, khususnya tampilan website dan microsite sekolah yang dirancang khusus untuk menampung dokumen – dokumen yang dibutuhkan.

Haryanto berharap, PKKS berbasis paperless di SMKN 1 Purwokerto ini dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain dalam penyelenggaraan PKKS paperless. “Kami ingin PKKS yang berbasis paperless ini dapat menjadi tren baru dalam pelaksanaan PKKS,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *