cropped-SMK-N-1-PURWOKERTO-e1646438713453.png

Workshop Pemanfaatan Canva, Kerjasama SMKN 1 Purwokerto dengan GMedia

Inovasi terus menjadi kunci bagi pendidikan yang dinamis dan progresif. SMK Negeri 1 Purwokerto membuktikan komitmennya terhadap pengembangan pembelajaran dengan menyelenggarakan workshop pemanfaatan Canva, bekerja sama dengan Perusahaan Internet Service Provider (ISP) terkemuka, GMedia. Kegiatan ini menjadi langkah cerdas dalam menghadirkan metode pembelajaran yang lebih menarik dan berdampak.

Canva, platform desain grafis online yang populer, tidak hanya digunakan untuk keperluan desain semata. Melalui workshop ini, guru-guru SMKN 1 Purwokerto belajar bagaimana mengintegrasikan Canva ke dalam proses pembelajaran, menciptakan materi yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa.

Waluyo, S.Pd, salah seorang fasilitator workshop, menyampaikan, “Canva adalah alat yang luar biasa untuk menciptakan materi pembelajaran yang interaktif dan atraktif. Kami ingin memastikan bahwa setiap guru dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa.”

Kerjasama dengan ISP GMedia menambah dimensi baru pada workshop ini. GMedia, sebagai perusahaan yang memiliki keahlian di bidang teknologi informasi, memberikan wawasan berharga tentang penerapan teknologi dalam pembelajaran. Kolaborasi ini menjadi contoh sinergi positif antara dunia pendidikan dan industri.

Mba Fafa, perwakilan dari GMedia, menyatakan, “Kami senang dapat berkolaborasi dengan SMKN 1 Purwokerto dalam mendorong penggunaan teknologi untuk tujuan pendidikan. Semakin awal siswa terbiasa dengan alat-alat seperti Canva, semakin siap mereka menghadapi tuntutan dunia digital.”

Materi Workshop yang Terstruktur dan Relevan

Workshop mencakup sejumlah topik penting, termasuk:

  1. Pengenalan Canva untuk Pendidikan: Pemahaman mendalam tentang fitur-fitur Canva yang dapat dioptimalkan untuk membuat materi pembelajaran.
  2. Desain Materi Pembelajaran yang Menarik: Tips dan trik dalam mendesain presentasi, infografis, dan materi pembelajaran interaktif lainnya dengan Canva.
  3. Penerapan dalam Pembelajaran Jarak Jauh: Strategi dan contoh penggunaan Canva dalam konteks pembelajaran online.

Guru-guru SMKN 1 Purwokerto mengikuti workshop dengan antusiasme tinggi, menunjukkan tekad mereka untuk terus berkembang dan memberikan yang terbaik bagi siswa. Siswa-siswa juga terlibat dalam sesi praktik langsung, membuktikan bahwa pemanfaatan Canva dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar.

Hanif Saeful Amin, S.Kom, Wakabid IT SMKN 1 Purwokerto, menyatakan, “Kerjasama ini adalah langkah positif menuju transformasi pendidikan di SMKN 1 Purwokerto. Dengan menggabungkan keahlian industri dan semangat pendidikan, kami yakin akan mencetak generasi yang lebih siap menghadapi tantangan global.”

Dampak Positif pada Pembelajaran

  1. Materi Pembelajaran yang Lebih Menarik: Dengan Canva, guru dapat menciptakan materi yang lebih visual, menarik, dan mudah dipahami, meningkatkan daya serap siswa.
  2. Pengembangan Keterampilan Desain Siswa: Siswa tidak hanya mendapat manfaat dari pembelajaran lebih menarik tetapi juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan desain grafis mereka sendiri.
  3. Peningkatan Relevansi Pendidikan dengan Dunia Industri: Kerjasama dengan GMedia memberikan pandangan langsung tentang bagaimana teknologi yang digunakan dalam dunia industri dapat diaplikasikan dalam lingkungan pembelajaran.

Workshop pemanfaatan Canva ini bukan hanya tentang mengajar alat desain grafis, tetapi juga tentang membuka pintu menuju transformasi digital yang lebih besar dalam pendidikan. SMKN 1 Purwokerto dan GMedia berkomitmen untuk terus berkolaborasi dan menginspirasi sekolah-sekolah lain untuk mengadopsi inovasi serupa.

Kerjasama ini adalah langkah ke arah yang benar untuk menciptakan pembelajaran yang lebih relevan, interaktif, dan mempersiapkan siswa untuk menjadi bagian dari masyarakat digital yang berkembang pesat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *