cropped-SMK-N-1-PURWOKERTO-e1646438713453.png

Bersama Satresnarkoba Polres Banyumas, SMKN 1 Purwokerto Gencar Sosialisasi Bahaya Narkoba Melalui Kegiatan BEBERES

SMKN 1 Purwokerto membuka pintu kegiatan edukatif yang inovatif dengan menyelenggarakan acara “BEBERES” (Berbagi Reaksi, Edukasi, dan Sosialisasi) bersama Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Banyumas. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada siswa tentang bahaya narkoba serta upaya pencegahan yang dapat dilakukan.

Kegiatan BEBERES di SMKN 1 Purwokerto tidak hanya sekadar seminar, tetapi sebuah forum interaktif yang melibatkan siswa secara aktif. Dalam sesi sosialisasi, anggota Satresnarkoba Polresta Banyumas menyampaikan informasi yang relevan, fakta, dan dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh penyalahgunaan narkoba.

Drs. Dani Priya Widada, Kepala SMKN 1 Purwokerto, menyatakan, “Kami menyadari urgensi menyampaikan pesan anti-narkoba kepada siswa-siswa kami. BEBERES menjadi wadah yang efektif untuk berdialog dan berbagi pengetahuan dengan aparat kepolisian yang berkompeten di bidang ini.”

Kegiatan BEBERES tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga melibatkan siswa dalam workshop dan diskusi. Siswa-siswa diajak untuk memahami lebih dalam tentang taktik penjualan narkoba, dampaknya terhadap kesehatan mental dan fisik, serta langkah-langkah preventif yang dapat mereka ambil di lingkungan sekitar.

Narasumber Satresnarkoba Polresta Banyumas, mengungkapkan, “Melibatkan siswa dalam kegiatan interaktif memungkinkan mereka untuk meresapi informasi dengan cara yang lebih personal dan aplikatif. Workshop dan diskusi ini memberikan ruang untuk pertukaran pikiran dan pengalaman.”

Setelah kegiatan BEBERES, terlihat adanya peningkatan kesadaran dan partisipasi siswa dalam mencegah penyalahgunaan narkoba. Mereka lebih memahami potensi risiko yang terkait dengan narkoba dan memiliki pengetahuan tentang cara mendeteksi serta menghindari godaan tersebut.

Salah seorang peserta kegiatan, menyatakan, “Kegiatan BEBERES membuat kami sadar betapa pentingnya menjaga diri dari bahaya narkoba. Informasi yang didapatkan melalui kegiatan ini sangat berharga untuk diri kami dan teman-teman sebaya.”

Kerjasama antara SMKN 1 Purwokerto dan Satresnarkoba Polresta Banyumas melalui BEBERES menjadi contoh sinergi yang positif antara lembaga pendidikan dan keamanan. Upaya pencegahan narkoba di SMK SMKN 1 Purwokerto tidak berhenti pada kegiatan BEBERES. Kegiatan ini diharapkan menjadi pijakan untuk kegiatan-kegiatan preventif dan edukatif yang lebih luas, melibatkan siswa, guru, dan orang tua dalam upaya bersama menjaga generasi muda dari bahaya narkoba.

Kami berharap keberhasilan kegiatan BEBERES ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk mengadopsi inisiatif serupa. Semoga upaya pencegahan narkoba ini tidak hanya meningkatkan kesadaran tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *