cropped-SMK-N-1-PURWOKERTO-e1646438713453.png

Serah Terima Jabatan Ambalan Ki Hajar Dewantara – Raden Ajeng Kartini (02.0257 – 02.0258).

Jum’at (17/2/2023) Pramuka Pangkalan SMK Negeri 1 Purwokerto melaksanakan kegiatan Serah Terima Jabatan Ambalan Ki Hajar Dewantara – Raden Ajeng Kartini (02.0257 – 02.0258). Kegiatan Sertijab di hadiri oleh Pembina Pramuka, Staff Kesiswaan dan Perwakilan Organisasi (MPK, OSIS, PMR, PKS, Rohis, dan Paskibra) serta seluruh siswa kelas X. Tujuan dari kegiatan ini adalah penyerahkan tongkat estafet kepemimpinan dari Pradana lama ke Pradana baru dan penyerahkan pusaka adat dari Pemangku Adat lama ke Pemangku Adat baru.

Dalam kegiatan ini, Pradana Lama juga menyampaikan harapannya kepada dewan ambalan yang baru bahwa sesuai dengan tema kegiatan Sertijab yaitu “Dari yang Baik Menuju yang Terbaik”, diharapkan angkatan selanjutnya akan berproses menuju ke titik terbaik dari angkatan-angkatan sebelumnya.
Adapun target Pradana Baru dalam kepemimpinannya adalah memulihkan kembali tatanan organisasi Pramuka setelah berakhirnya masa pandemi dan meningkatkan kinerja yang lebih baik serta belajar kesalahan dari angkatan sebelumnya.

Serah Terima Jabatan Ambalan adalah salah satu kegiatan yang penting dilakukan dalam organisasi kepanduan seperti Pramuka atau Gerakan Pramuka. Kegiatan ini dilakukan ketika seorang pemimpin ambalan atau ketua ambalan akan digantikan oleh seseorang yang baru. Serah Terima Jabatan Ambalan adalah momen yang penting karena menandakan pergantian kepemimpinan dalam suatu ambalan, dan juga menjadi ajang untuk merayakan pencapaian serta mempererat hubungan antara anggota ambalan.

Kegiatan Serah Terima Jabatan Ambalan biasanya diawali dengan upacara pembukaan, yang dilakukan dan diikuti oleh seluruh anggota ambalan di lapangan SMKN 1 Purwokerto. Dalam kegiatan tersebut, dilakukan penyerahan bendera ambalan dan penandatanganan berita acara Serah Terima Jabatan. Selanjutnya, dilakukan pelantikan pemimpin ambalan yang baru, yang dilakukan dengan pengambilan sumpah dan penyerahan tongkat kepemimpinan. Pelantikan ini merupakan momen penting dalam Serah Terima Jabatan Ambalan, karena menunjukkan secara resmi bahwa pemimpin ambalan yang baru telah resmi dilantik dan bertanggung jawab atas tugas dan kewajibannya selama masa jabatannya.

Kegiatan Serah Terima Jabatan Ambalan merupakan momen yang penting dalam kehidupan organisasi kepanduan. Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang untuk merayakan pergantian kepemimpinan, namun juga menjadi ajang untuk mempererat hubungan antar anggota ambalan dan memperkuat semangat kepanduan. Dengan pelaksanaan Serah Terima Jabatan Ambalan yang baik, diharapkan organisasi kepanduan akan semakin kuat dan berkembang, serta dapat memberikan manfaat bagi anggotanya dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *