cropped-SMK-N-1-PURWOKERTO-e1646438713453.png

Pelaksanaan Upacara Bendera

Upacara bendera adalah sebuah tradisi yang dilakukan setiap hari Senin di sekolah-sekolah di Indonesia, tidak terkecuali di SMKN 1 Purwokerto. Tujuan dari upacara ini adalah untuk mengenalkan dan mengajarkan budaya patriotisme serta rasa cinta terhadap negara dan bendera negara kepada siswa.

Upacara bendera dilakukan pada pagi hari sebelum memulai kegiatan belajar mengajar. Siswa dan guru-guru memadati lapangan sekolah untuk mengikuti upacara bendera. Upacara ini dimulai dengan pengibaran bendera dan dilanjutkan dengan lagu kebangsaan serta mars sekolah.

Siswa yang mengikuti upacara bendera harus memakai seragam sekolah dan berdiri dengan hormat saat bendera dikibarkan. Mereka juga harus menghormati bendera dengan tidak berbicara, tertawa, atau melakukan aktivitas lain saat upacara berlangsung.

Upacara bendera adalah cara yang baik untuk mengajarkan rasa cinta terhadap negara dan bendera kepada siswa. Dengan mengikuti upacara bendera setiap hari Senin, siswa akan memahami pentingnya memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme yang kuat.

Dalam Sambutannya sebagai Pembina Upacara, WKS Bidang Kesiswaan Bapak Sugeng Paryanto, S.Pd menekankan pentingnya kedisiplinan. Beliau juga menyampaikan masih ada siswa-siswa yang terlambat setiap harinya. Lebih lanjut beliau berharap, dengan melatih kedisiplinan sejak dini, mereka diharapkan menjadi terbiasa untuk berdisiplin, bahkan ketika nantinya mereka sudah melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi atau bahkan sudah bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *