BANGGA! SMECONE BERPARTISIPASI PADA PAMERAN INTERNASIONAL NANDUR SRAWUNG #9

Menjelang akhir tahun, SMECONE Visual Art kembali membawa angin segar untuk SMKN 1 Purwokerto usai berhasil berpartisipasi pada pameran internasional Nandur Srawung #9 “Matrix// Mayapada” di Taman Budaya Yogyakarta, 16 – 22 Oktober 2022 lalu. 

Sebanyak 40 karya lukis kain berukuran 3×1 meter tersusun rapi dan apik di pameran yang diikuti oleh para seniman berbakat dari berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Korea Selatan, dan lainnya. Karya-karya kreatif tersebut telah dirilis sebelumnya pada pameran SMECONE Visual Art Exhibition “Play-On” di SMKN 1 Purwokerto. 

Dokumentasi para pengunjung dan karya siswa-siswi SMKN 1 Purwokerto

R. Bogi Pranata, S.Pd, selaku guru seni budaya SMKN 1 Purwokerto sekaligus kurator ini menyatakan jika kesempatan ini membuatnya bangga terhadap anak-anak yang telah bekerja keras menghasilkan karya. 

“Tentunya membanggakan ya, karya anak-anak itu dapat diapresiasi dan diberikan kesempatan untuk turut serta di pameran internasional Nandur Srawung #9 ini. Ini juga sekaligus memberikan mereka pengalaman berharga karyanya dipamerkan bersama seniman ternama dunia,” ungkap Bogi. 

Tak sampai disitu, siswa-siswi SMKN 1 Purwokerto sangat diminati sebagai obyek foto maupun video para pengunjung, hingga sempat menjadi fyp di salah satu media sosial yang sedang trending Tiktok. 

Karya sederhana namun bermakna mereka dihasilkan dari tugas seni rupa selama satu semester, yang menceritakan tentang ingatan masa kecil yang sering melakukan kegiatan bermain bersama teman sebaya di lingkungan rumah. 

Dokumentasi saat acara Artist Talk Bogi Pranata (kiri) dan Kepala SMKN 1 Purwokerto (tengah) bersama kurator Nandur Srawung #9 Arsita Pinandita (kanan)

Selain mengikuti pameran, mereka juga berkesempatan mengikuti acara dialog Artist Talk bersama kurator pameran Nandur Srawung #9, Arsita Pinandita. Pada acara tersebut para siswa lebih berbagi cerita mengenai proses pembuatan karya lukis mereka. 

“Harapannya, ini tidak berhenti disini. Saya harap mereka akan terus berkarya kedepannya, dengan kejutan-kejutan yang berbeda dan lebih kreatif lagi..” ujarnya. 

Suasana saat Artist Talk sedang berlangsung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *