SMECONE VISUAL ART EXHIBITION 2022 “PLAY-ON” Digelar Meriah

SMECONE Visual Art Exhibition 2022 mengangkat tema “Play-On” pada 18 – 19 Agustus 2022 lalu. Sekitar 700 an siswa berpartisipasi dalam pameran sekolah. Event yang diselenggarakan di Lobby Gedung C SMKN 1 Purwokerto ini menarik banyak minat pengunjung dan menjadikan objek foto disetiap karyanya. 

Karya mereka tertuang menggunakan berbagai media, seperti kain, kertas, dan kanvas. Tak main-main, kain yang digunakan pun cukup besar, yakni berukuran 3×1 meter. Seluruh karya tersebut merupakan hasil tugas seni rupa kelas XI AKL, XI MM, XI RPL, XI TKJ, XI PBS, XI BDP, XI OTKP, dan XI Farmasi. 

Tema “Play-On” sendiri diangkat untuk menantang para siswa membangun ingatan kembali kegiatan bermain bersama di masa lalu yang ceria kemudian mengajak mengemasnya menjadi sebuah karya lukis. 

R. Bogi Pranata Wiji, S.Pd, inisiator sekaligus guru Seni Rupa SMKN 1 Purwokerto ini turut memberikan tanggapan atas terselenggaranya SMECONE Visual Art Exhibition 2022. Dalam pernyataannya Ia mengatakan jika ide untuk membuat pameran ini bukan tanpa sengaja. 

Melalui mata pelajaran yang diampunya, Ia menginginkan jika karya yang diciptakan siswa nantinya tidak sebatas untuk tugas saja. Akan tetapi, dapat menjadi hal yang serius untuk dikerjakan. 

Dokumentasi para pengunjung yang asik berfoto didepan karya-karya siswa

“Awalnya ini adalah tugas seni rupa siswa-siswi kelas XI saja, tapi seiring berjalannya waktu hasilnya menumpuk, padahal hasil karya mereka bagus dan diluar ekspektasi. Sayang sekali jika hanya dibiarkan begitu saja..” ujar Bogi. 

Diluar dugaan, karya siswa-siswi SMKN 1 Purwokerto tersebut justru beragam dan sangat kreatif. Oleh sebab itu, Ia menginisiasi untuk diadakannya pameran sekolah agar karya tersebut lebih bernilai.

“Komitmennya, ketika mereka ikut pelajaran saya mereka harus bisa bikin karya. Setelah mereka berhasil bikin karya saya ngga mau cuma dikonsumsi pribadi saja karena effortnya mereka sudah besar. Mulai dari menyediakan media, bahan, mereka serius dalam mengemasnya,” lanjutnya. 

Tentunya pameran ini juga dapat terselenggara berkat dukungan pihak sekolah. Kesuksesan ini tentunya sekaligus membuka peluang para siswa untuk unjuk kemampuan diri dan mampu membentuk rasa percaya diri dalam menampilkan karyanya ke publik. 

“Alhamdulillah dukungan dari pihak sekolah sangat luar biasa.. Bersyukur sekali, ngga semua sekolah bisa memberikan dukungan yang sebesar itu dalam hal berkesenian khususnya pameran pelajar,” ungkap Bogi. 

Harapannya, kegiatan seperti ini dapat terus terlaksana. Meskipun bukan sebagai fokus utama sekolah, namun dapat menjadi salah satu wujud kegiatan positif yang rutin digelar. 

Dokumentasi gambaran tempat pameran SMECONE Visual Art Exhibition 2022 

Dokumentasi karya siswa SMKN 1 Purwokerto pada SMECONE Visual Art Exhibition 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *