Program kelas industri merupakan program pengadaan kelas khusus dalam lingkungan sekolah. Kelas ini dikelola secara bersama antara sekolah dengan Industri. Dari model/sistem pengelolaan bersama tersebut akan tercipta iklim belajar yang baru yang menjamin mutu pendidikan siswa. Program ini disinyalir menjadi program yang paling optimal dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, karena industri juga ikut dalam KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di dalam kelas. Dari pernyataan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa jika sekolah menginginkan adanya peningkatan pada mutu pendidikannya, maka harus melakukan salah program kerjasama dengan industri melalui kelas industri. Namun, dewasa ini tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh sekolah untuk membangun kerjasama dengan industri mulai dari pra kerjasama sampai evaluasi kerjasama belum terpublish secara jelas dan otentik.

Tujuan Kelas Industri ini adalah untuk mencetak SDM dari SMK yang lebih berkualitas dengan bekerja sama langsung dengan perusahaan ataupun industri. Dengan model atau sistem pengelolaan bersama antara pihak industri dan sekolah, akan tercipta iklim belajar yang baru sehingga menjamin mutu pendidikan siswa.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut di atas, SMKN 1 Purwokerto khususnya di Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) bekerjasama deng Nemo Lab Purwokerto merintis kelas Industri. Ke depannya diharapkan dari kelas industri ini, akan tercipta lulusan yang kompeten. Sehingga bisa bersaing di dunia kerja dan juga siap menjadi enterpreneur di bidang IT.

One thought on “%1$s”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *