Sosialisasi Rumah Belajar dan Pembuatan MPI Menggunakan AS 3

Pilihan menjadi Pendidik di era covid 19 menuntut guru untuk selalu berinovasi dan bertransformasi agar tidak tertinggal zaman. Guru di era digital memiliki kewajiban untuk meningkatkan kemampuan diri dalam bidang tehnologi. Terlebih di tengah Pandemi Covid 19 ini yang mengubah tatanan kehidupan di semua aspek termasuk Pendidikan. Pola pembelajaran tatap muka di kelas telah berubah menjadi pola pembelajaran jarak jauh. Kemdikbud segera mengambil langkah untuk menfasilitasi kebutuhan Pendidik dan siswa agar pembelajaran jarak jauh dapat diterapkan secara menarik, menyenangkan dan interaktif, Yakni sebuah Aplikasi Rumah Belajar.

Sebelum sosialisasi peserta diminta sudah menginstal AS 3, Ibu Titi Endri Astuti yang bertindak sebagai narasumber mengecek masing-masing peserta yang sudah berhasil menginstal. Sebagai apresiasi peserta yang berhasil instal diberikan door prize berupa stiker Rumah Belajar.

Sosialisasi Rumah Belajar dan Media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline 3 di laksanakan pada hari kamis 8 Oktober 2020 SMK Negeri 1 Purwokerto, dilaksanakan secara tatap muka mulai pukul 08.00 s.d. 15.30 WIB yang diikuti oleh 20 Guru yang sedang Work From Office (WFO).

Dalam sosialisasi ini, narasumber menjelaskan tahapan-tahapan mendaftar sebagai guru, membuat kelas digital, mengelola kelas seperti membuat modul, memberi tugas, memberikan penilaian. 
Untuk jenjang SMK belum ada fitur Lab. Maya, sehingga hanya sekilas mengenalkan kepada guru yang mengajar Kompetensi Keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas yang diambilkan dari Lab. Maya SMA.
Pengenalan 3 fitur utama pada sumber belajar, yaitu konten berbasis audio, video, dan web. Dalam sosialisasi ini, narasumber menjelaskan tahapan-tahapan mendaftar di sumber belajar, membuka sumber belajar, dan bagaimana menjadi konten kreator pada sumber belajar.
Edugame merupakan fitur terbaru dari Portal rumah Belajar. Di sini narasumber mengenalkan bagaimana bermain asik di Edugame

Di akhir sesi, peserta yang berhasil membuat MPI diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasilnya dan mendapatkan door prize berupa mug Pembatik. Dan yang belum berhasil sampai mempublish diberikan Pin Pembatik.

Sosialisasi ini menjelaskan bagaimana Pemanfataan Rumah belajar untuk belajar dari rumah (BDR) dengan menerapkan model pembelajaran inovatif. Rumah Belajar merupakan Portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Dengan menggunakan Portal Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *