Penerimaan Tamu Ambalan SMK Negeri 1 Purwokerto Secara Online

Salam pramuka !!!

Peneriamaan Tamu Ambalan (PTA) merupakan kegiatan yang dilakukan dalam rangka menerima anggota baru yang tadinya berasal dari pramuka tingkat Penggalang untuk ke depannya beradaptasi menjadi pramuka Penegak. Demikian juga di pangkalan SMK Negeri 1 Purwokerto. Penerimaan Tamu Ambalan pada masa pandemi covid-19 ini tidak mengadakan kemah di sekolah seperti tahun-tahun sebelumnya, namun dilakukan secara online. Kegiatan dilakukan pada Jumat, 2 Oktober 2020 secara online dengan tema “Peran Positif Bermedia Sosial di Masa Pandemi” yang melibatkan kelas 10 tahun ajaran 2020/2021 SMK Negeri 1 Purwokerto yang berjumlah 713 peserta, panitia PTA dari kelas 11 dan kelas 12 serta beberapa guru pendamping.

Rangkaian kegiatan PTA tahun ini walaupun dilakukan secara online tetap dikemas seru dan menyenangkan, namun tetap mengarah dalam mendidik peserta agar memiliki jiwa dan karakter yang baik. Secara umum kegiatan dimulai dari apel pembukaan PTA yang dibuka oleh Kepala SMK Negeri 1 Purwokerto sebagai Ka. Mabigus yaitu Bpk. Drs. Dany Priya Widada. Dilanjutkan penyampaian materi tentang Kepramukaan oleh wakil ketua Dewan Kerja Cabang Banyumas yaitu Ka. Rumaisha.

Selain itu, PTA online ini diisi unjuk permainan (game) yang ditampilkan oleh pramuka dewan ambalan Ki Hajar Dewantara – Raden Ajeng Kartini SMK Negeri 1 Purwokerto. Secara keseluruhan kegiatan ditayangkan melalui youtube chanel dan instagram live SATRIA CADHIBIKA dengan lancar dan hikmat sampai akhir kegiatan. Walaupun dilakukan secara online, peserta tetap menikmati alur rangkaian kegiatan dengan antusias dan terlihat sangat semangat dari awal hingga akhir dilihat dari pantauan komentar-komentar yang diberikan.

Meskipun dilaksanakan secara online semoga pelaksanaan PTA pada tahun ini tidak mengurangi makna dan esensi kegiatan yang menjadi agenda setiap tahun ambalan Ki Hajar Dewantara – Raden Ajeng Kartini.

“Satyaku ku darmakan, Dharmaku ku baktikan’’

Salam pramuka !!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *