SMK Negeri 1 Purwokerto telah menggunakan SMM ISO 9001:2008 dalam pengelolaan jasa pendidikan, untuk itu SMK Negeri 1 Purwokerto memiliki dokumen sebagai acuan kerja bagi guru dan karyawan  dalam melaksanakan tugas  berupa Standar Operating Prosedur (SOP)  dan Instruksi Kerja (IK).

Dokumen acuan kerja  telah disosialisasikan kepada seluruh personal di sekolah sehingga menjamin pelaksanaan layanan yang terstandar.

Pelayanan pendidikan di SMK Negeri 1 Purwokerto mulai dari penerimaan peserta didik baru pada awal tahun pelajaran  yang obyektif, transparan dan akuntabel. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang mengacu pada perundangan pendidikan, layanan dalam bidang kesiswaan berupa pendampingan dan kegiatan ekstra kurikuler sampai pada pemasaran tamatan untuk memasuki dunia kerja maupun memasuki perguruan tinggi.

Seluruh guru dan karyawan SMK Negeri 1 Purwokerto memiliki maklumat untuk melaksanakan pelayanan pendidikan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing sesuai dengan SK Kepala SMK Negeri 1 Purwokerto dalam pembagian tugas bagi guru dan karyawan.