Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) adalah salah satu kompetensi keahlian yang ada di SMKN 1 Purwokerto. Melalui penerapan Kurikulum 2013 serta kerjasama dengan berbagai Dunia Usaha maupun Industri, kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Purwokerto  menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, sehingga dapat mengimplementasikan keahliannya secara optimal. Kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran membekali siswa agar mampu memanfaatkan teknologi terkini seperti web, media sosial sebagai sarana e-commerce, menjadi Wirausaha, Pramuniaga, Tenaga Administrasi Gudang, Kasir, Operator Mesin Bisnis, Pengelola toko offline maupun Online.

Untuk lebih mendekatkan siswa dengan industri, salah satunya adalah dengan kegiatan outing class. Dengan kegiatan outing class ini diharapkan, siswa-siswa BDP dapat lebih memahami dunia kerja yang sesungguhnya. Kegiatan outing class pada tahun ini ke Cilacap dan industri yang dkunjungi yaitu PT. Alfaria Trijaya Tbk dan Vilatas. Di kedua industri tersebut siswa-siswi BDP diberikan penjelasan terkait dengan kegiatan-kegiatan yang ada di perusahan tersebut. “Kegiatan ini akan menjadi event setiap tahunnya, supaya siswa punya gambaran yang lebih baik tentang dunia industri dan dunia usaha. Bukan hanya mendengar cerita dari gurunya saja, tetapi langsung berkunjung ke lokasinya. Sehingga pemahaman mereka tentang industri ini benar-benar tersampaikan dengan baik”, ujar Ibu Raras Nuring Sasongkowati, selaku Ketua Kompensi Keahlian BDP.

Selain kegiatan outing class, Kompetensi Keahlian BDP SMKN 1 Purwokerto belum lama ini juga melaksanakan Uji Kompetensi Final Alfamart Class. Uji kompetensi ini merupakan sebuah rangkaian dari proses yang telah dijalani oleh siswa-siswa BDP. Dengan adanya Uji Kompetensi ini diharapkan adanya pengakuan dari industri terkait dengan kompetensi siswa-siswi BDP. Selain kedua kegiatan di atas, BDP juga melakukan kerjasama dengan PT Solaria Tangerang dalam hal recrutment siswa magang. Kegiatan magang di Solaria ini tentu sangat menguntungkan bagi siswa-siswi BDP, sebab akan memperoleh pengalaman yang luas di sebuah industri besar.