Pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 SMK N 1 Purwokerto mulai menerapkan kegiatan jumat sehat, rohani, dan bersih. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara bergantian di setiap hari jumatnya mulai pukul 07:00 sampai dengan pukul 08:30, setelah itu dilanjutkan jam pelajaran pertama. Kegiatan tersebut sudah berjalan dengan baik dan lancar.

Pada minggu pertama sudah dilakukan kegiatan jumat sehat, yaitu seluruh siswa mulai dari kelas X sampai dengan kelas XII beserta dengan bapak ibu guru dan karyawan SMK N 1 Purwokerto melakukan jalan sehat bersama. Pada minggu kedua seluruh siswa beserta seluruh guru dan karyawan melakukan kegiatan jumat religi yang dilaksanakan di lapangan basket SMK N 1 Purwokerto. Kegiatan jumat religi tersebut mulau-mula diisi oleh Hanifah Lestari kelas XII jurusan Akuntansi. Bagi siswa-siswi non muslim melakukan kegiatan tersendiri di ruangan khusus.

Hanifah Lestari menyampaikan tentang dampak dari perilaku berpacaran, minum-minuman keras bagi pelajar, menyontek saat ulangan, dan sebagainya. Tentu saja hal itu diikuti dengan antusias oleh seluruh siswa dan bapak ibu guru karyawan SMK N 1 Purwokerto. Kemudian diisi juga oleh Kepala Sekolah yaitu Bapak H. Asep Saeful Anwar, S.P., MM.

Kegiatan keagamaan sangat penting untuk membentuk akhlak anak. Jika anak belajar tentang nilai-nilai keagamaan maka akhlak mereka pun akan terbentuk menjadi pribadi yang bukan hanya mengandalkan IQ melainkan spiritual yang merupakan kemampuan seseorang dapat memahami arti hidup dengan mempererat hubungan dengan Tuhan-nya.