Technopark merupakan salah satu bentuk wadah untuk menghubungkan institusi sekolah dengan dunia industri. Technopark memiliki beberapa fasilitas, antara lain inkubator bisnis, angel capital, seed capital, venture capital. Stakeholder dari suatu technopark biasanya adalah pemerintah (biasanya pemerintah daerah), komunitas pendidikan (akademis), komunitas bisnis dan finansial. Program technopark di SMK dicanangkan sebagai pusat dari beberapa Teaching Factory/Unit Produksi.

Kawasan berbasis teknologi adalah kawasan berdimensi pembangunan ekonomi dengan sentra ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang mendukung percepatan inovasi. Pengembangan kawasan berbasis teknologi ini diandalkan sebagai motor penggerak pengembangan wilayah. Kawasan berbasis teknologi diharapkan mampu menjadi pusat dan pendorong pertumbuhan ekonomi bagi kawasan di sekitarnya serta mampu bersaing di dalam dan luar negeri. Kemampuan bersaing ini lahir melalui pengembangan produk unggulan atau potensi daerah yang kompetitif di pasar domestik maupun global, yang didukung sumber daya manusia (SDM) unggul, riset, dan teknologi, informasi, serta keunggulan pemasaran.

Pada jumat, 14 September 2018 Launching technopark SMK N 1 Purwokerto telah terselenggara. Dihadiri oleh beberapa tamu undangan seperti Wakil Kepala Bandung Techno Park, Wakil Kepala BP2MK Wilayah V, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Banyumas, Camat Purwokerto Timur, Lurah Purwokerto Wetan, Komite SMK N 1 Purwokerto, Kepala SMK N 1 Purwokerto, Bapak Ibu guru, staf karyawan tata usaha. Launching technopark SMK N 1 Purwokerto dimulai dari acara pembukaan yang dilaksanakan di aula SMK N 1 Purwokerto kemudian dilanjutkan dengan pengguntingan pita sebagai simbolis telah disahkannya kawasan Technopark SMK N 1 Purwokerto. Pengembangan technopark di bidang TI dilakukan di SMK N 1 Purwokerto dengan memanfaatkan bangunan yang sudah ada yaitu dengan disekat-sekat. SMK N 1 Purwokerto memohon doa restu agar launching produk technopark dapat terlaksana dengan baik.