Haii kawan, ini tentang reuni atau temu kangen kata banyak orang.

Kita, kamu dan aku, mungkin sudah tidak asing dengan istilah reuni. Temu kangen sesama teman di sekolah atau di kampus. Atau kita juga termasuk yang sering kumpul-kumpul dengan teman-teman sekolah. Mengapa kita harus reuni? Itu karena kita pernah berkumpul bersama, dan kita ingin kesan itu kembali hadir di kekinian. Menarik masa lalu ke dalam masa kini, dan itu semakin menyadarkan betapa banyak hal yang berubah pada diri kita masing-masing. Butuh sedikit waktu untuk mengembalikan ingatan masa lalu, dan karena itu kita perlu membaur dan saling membantu mengingatkan hal-hal kecil yang dapat membuka ingatan tentang banyak hal.

SEDULURAN SELAWASE, LANGKA RIKA ORA RAME merupakan tema yang diangkat dari reuni tahun ini. Harapannya agar seluruh alumni SMK N 1 Purwokerto mulai dari angkatan 1963-2018 dapat menjalin tali silaturahmi yang baik. Kegiatan reuni ini dilaksanakan pada Ahad, 19 Agustus 2018 di lapangan basket SMK N 1 Purwokerto. Kegiatan ini turut mengundang kepala sekolah yang pernah menjabat di sekolah ini. Reuni akbar yang diketuai oleh Bapak Kundiharto berlangsung meriah dan lancar. Meskipun dalam persiapan cukup singkat.

            Kegiatan pembukaan yang berlangsung tertib merupakan bukti betapa antusias para peserta reuni akbar tahun 2018. Setelah pembukaan ada beberapa sambutan dari ketua panitia Bapak Kundiharto dan sambutan kepala sekolah Bapak H. Asep Saeful Anwar, S.P., M.M. Kegiatan pelantikan paguyuban pun turut menjadi momen yang baik. Melantik Bapak Gunardi angkatan 1976 menjadi ketua umum paguyuban. Dimeriahkan pula sesi pelepasan balon sebagai simbolis telah terlantiknya kepengurusan yang baru.

            Pemberian penghargaan kepada guru yang mengajar terlama di sekolah, kemudian caraka dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) juga turut menjadi rangkaian kegiatan ini. Tidak hanya itu, para alumni pun memberikan penghargaan bagi siswa yang berprestasi dalam hal akademik, non akademik, maupun organisasi. Hampir mendekati penutupan acara, para alumni diajak oleh pembawa acara untuk goyang pinguin bersama. Barang siapa yang bergoyang paling heboh akan diberi hadiah/dorprize oleh panitian.

Banyak hal yang berubah atau ingatan kita tentang seorang teman memudar berganti dengan teman-teman lain yang hadir berikutnya. Namun, sahabat tetap sahabat meski waktu terus beranjak dari diri kita.