Kelulusan sekolah memang hal yang membuat hawatir sekaligus membahagiakan bagi peserta didik. Kamis, 3 Mei 2018 merupakan momen yang dinanti oleh peserta didik kelas XII SMK Negeri 1 Purwokerto. Sama halnya dengan tahun kemarin, tahun ini pun SMK Negeri 1 Purwokerto lulus 100%. Pada 14 Mei 2018 tepatnya hari senin, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini SMK Negeri 1 Purwokerto mengadakan acara perpisahan untuk peserta didik kelas XII dilaksanakan di Auditorium Ukhuwah Islamiyah Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Acara perpisahan tersebut dimulai pukul 07.30 dengan dibacakannya motto kelas ketika peserta didik mulai memasuki ruang auditorium. Dilanjutkan dengan kegiatan pembukaan, pembacaan ayat suci alquran, pembacaan doa, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Adapun laporan pelaksanaan hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) oleh Bapak Carso, S.Pd yang didalamnya menginformasikan bahwa ada peserta didik yang mendapat nilai 100 untuk mata pelajaran matematika dan produktif akuntansi. Dilanjutkan dengan proses pengalungan samir dan janji alumni. Kegiatan penyerahan peserta didik dari kepala sekolah kepada orang tua peserta didik pun menambah keharuan acara tersebut. Bapak H. Asep Saeful Anwar, S.P., M.M membacakan ikrar penyerahan tersebut dengan perasaan penuh haru. Diterima oleh Bapak Bambang Parmono, S.E selaku ketua komite SMK Negeri 1 Purwokerto sebagai perwakilan dari orang tua. Masih dilanjutkan dengan acara hiburann dan pemberian penghargaan prestasi.

Ibu Anggita Puspa Perdana, S.Si selaku wali kelas XII Farmasi 2 menyampaikan bahwa kegiatan perpisahan yang dilaksanakan tahun ini lebih khidmat dan sakral. Hal tersebut menjadi alasan karena pada tahun sebelumnya diadakan di lapangan basket sekolah dan menggunakan tarub yang dirasa kurang kondusif karena harus menampung kurang lebih seribu orang diantaranya guru, peserta didik, dan orang tua/wali peserta didik. Biasanya ketika dilingkungan sekolah disaksikan oleh adik tingkat kelas X dan XI. Tetapi pada acara perpisahan tahun ini hanya dihadiri khusus untuk kelas XII, guru, dan wali peserta didik. “Acara tersebut bisa dilanjutkan di tahun yang akan datang, hanya saja untuk lebih tertibnya acara, alangkah baiknya ada bapak/ibu guru atau pihak panitia penyelenggara yang siap di pintu agar ketika acara masih berlangsung tidak ada peserta didik yang keluar masuk auditorium hanya untuk berfoto, karena sesi foto akan difasilitasi setelah acara tersebut selesai”, tambah Ibu Anggita Puspa Perdana, S.Si.

Dengan adanya acara perpisahan tersebut Bapak Mardwitnyo Romadhona, S.Kom pun berharap semoga ilmu yang telah diperoleh bermanfaat dan dapat mengantarkan mereka menjadi orang sukses dunia akhirat. “Untuk yang ingin melanjutkan pendidikan semoga dapat diterima di perguruan tinggi yang diinginkan, ataupun yang ingin bekerja semoga bisa mendapatkan tempat kerja yang sesuai dengan kompetensi keahliannya”, sambung Ibu Anggita Puspa Perdana, S.Si.