Dalam rangka persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Negeri dan SMK Negeri di Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019 Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melakukan uji coba system PPDB Online pada tanggal 13 s.d 15 Mei 2018 melalui alamat website : https://jateng.demo.siap-ppdb.com.
Terkait dengan uji coba tersebut, SMKN 1 Purwokerto menginformasikan ke sekolah-sekolah SMP sederajat di lingkup Kabupaten Banyumas untuk mengikuti kegiatan uji coba tersebut. “Kita telah menyiapkan satu lab computer untuk mengikuti uji coba system PPDB online tersebut. Sehingga siswa siswi kelas IX bisa memanfaatkan lab tersebut untuk melakukan uji coba proses pendaftaran,” Demikian yang disampaikan oleh Bapak Dwi Andi Purnomo, S.Pd, MM Selaku Waka. Kesiswaaan di SMKN 1 Purwokerto.

Di SMKN 1 Purwokerto siswa siswi kelas IX ini juga mendapatkan penjelasan tentang prosedur pendaftaran. Dalam kesempatan tersebut juga dibuka sesi tanya jawab mengenai system PPDB online. Setelah kegiatan uji coba selesai, siswa siswi kelas IX tersebut diberi kesempatan untuk berkeliling di lingkungan sekolah.
Di SMKN 1 Purwokerto ada delapan (8) Kompetensi keahlian yang bisa dipilih dalam PPDB Online Tahun Pelajaran 2018/2019, yaitu Akuntansi dan Keuangan Lembaga (3 rombel), Perbankan Syariah (2 rombel), Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (4 rombel), Multimedia (2 rombel), Teknik Komputer & Jaringan (2 rombel), Rekayasa Perangkat Lunak (2 rombel) dan Farmasi Klinis dan Komunitas (2 rombel).