Karnaval Banyumas Extravaganza 2018 digelar pada Minggu, 15 April 2018. Pawai yang digarap oleh Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas. Karnaval ini melibatkan seluruh bagian masyarakat Banyumas, mulai dari pelajar, umum, dan kategori kecamatan.

Sebelas siswa siswi SMK N 1 Purwokerto yang tergabung dalam Extravaganza 2018 sangat antusias mengikutinya. Mulai dari beberapa seleksi dan latihan di sekolah, mereka mengaku sangat semangat hingga tak kenal lelah.  Monica Yudith Kurnia salah satu perwakilan siswi dari kelas XI PM 3 mengaku sangat suka dan bangga bisa terpilih mengikuti extravaganza di tahun ini. Apalagi siswa siswi yang ikut dalam extravaganza merupakan anak-anak pilihan dari pihak sekolah. Harapan Monica Yudith di kegiatan karnaval extravaganza mendatang adalah dia bisa turut serta kembali mewakili sekolah dan meramaikan kegiatan extravaganza serta dapat memperoleh yang terbaik.

Guru mata pelajaran Seni Tari sekaligus pendamping dari kegiatan extravaganza 2018, Iva Catur Agustina, S.Sn mengatakan, “Pengalaman pertama menjadi pendamping sangat memberikan manfaat baik buatnya, karena ia bisa memberikan inovasi dalam hal-hal kebudayaan. Mulai dari melihat beberapa jenis kostum, make up, pelatihan koreografi saat di panggung penghormatan dan sebagainya. Harapan untuk sekolah dalam persiapan extravaganza di tahun mendatang adalah bisa memberikan yang terbaik lagi dengan mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang”.

Rangkaian kegiatan karnaval Banyumas Extravaganza 2018 dimulai pukul 09.00 sampai selesai. Kelompok pelajar yang ditandai dengan kelompok A mengusung tema lingkungan alam. Harapan dari panitia penyelenggara adalah agar masyarakat Banyumas khususnya dapat menjaga lingkungan dan lebih mencintai alam. Adapun kelompok B unuk umum memiliki tema Kebudayaan Banyumas, harapannya agar masyarakat Banyumas tetap mengingat sejarah dan melestarikan kebudayaan Banyumas. Peserta extravaganza diberangkatkan dari depan bioskop Rajawali jam 09.00 WIB menuju arah utara. Mereka menempuh jarak kurang lebih 2 km, menyusuri Jalan S.Parman sampai perempatan Srimaya ke barat menyusuri Jalan Jend. Sudirman menuju Alun-alun Purwokerto dan para peserta akan tampil di depan panggung kehormatan.

Bapak H. Dwi Andi Purnomo, S.Pd. MM., selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan mengucapkan terima kasih untuk bapak dan ibu guru pendamping serta siswa siswi peserta karnaval extravaganza atas terlaksananya kegiatan ini dan alhamdulilah berjalan dengan baik. Harapan beliau semoga kegiatan ini akan menjadikan SMK N 1 Purwokerto lebih dikenal oleh masyarakat Banyumas.