Ujian Nasional Berbasis Komputer atau bisa kita kenal dengan UNBK merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh semua siswa kelas XII tingkat SMA/SMK. Ujian Nasional merupakan suatu hal yang harus dipersiapkan dengan baik. Peserta didik kelas XII pasti ingin mendapatkan nilai yang memuaskan dan dapat lulus 100%.

Dalam pelaksanaan UNBK media yang digunakan adalah komputer, tidak lagi menggunakan kertas. Awalnya banyak yang beranggapan bahwa UNBK itu sulit. Tapi, setelah SMK N 1 Purwokerto melakukan tiga kali simulasi UNBK ternyata pendapat peserta didik berbeda. Mereka mengatakan bahwa UNBK ternyata mudah dan praktis. Pemanfaatan kecanggihan tekhnologi justru akan mempermudah dalam menentukan jawaban, yaitu hanya dengan mengeklik jawaban tanpa harus mengarsir dengan pensil.

Bagaimana cara agar kita dapat sukses mengikuti UNBK? Pertama, menyiapkan mental dan fisik sebaik mungkin. Menghindari hal-hal yang bisa membuat mental kacau dan sebagainya. Kemudian hindari juga hal yang bisa menurunkan kondisi fisik seperti begadang tiap malam atau kegiatan yang kurang bermanfaat. Kedua, mempelajari dan memahami materi yang ada kisi-kisi Ujian Nasional dan perbanyak mengerjakan soal-soal latihan Ujian Nasional. Ketiga, percayalah pada kemampuan sendiri, jangan mencari bocoran soal apalagi mencontek pekerjaan teman. Keempat, Berdoalah kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberi kemudahan dan meminta doa restu orangtua. Kelima, dapat membentuk kelompok bimbingan belajar dengan teman-teman agar cara belajar pun lebih menyenangkan. Keenam, perhatikan jadwal ujian dan jadwal pembagian sesi di masing-masing laboratorium di sekolah.

SMK Negeri 1 Purwokerto memiliki sebelas laboratorium yang akan digunakan untuk UNBK. Di mulai dari gedung satu sampai dengan gedung enam. Tentu saja kegiatan UNBK akan sukses dengan kerjasama dari proktor, teknisi, panitia UNBK dan semua pihak sekolah. Demikian tips yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat.