Lebih dari 35 tahun, TOEIC® menjadi standar untuk pengukuran kemampuan Bahasa Inggris di dunia kerja. Saat ini, TOEIC® telah digunakan dilebih dari 14.000 perusahaan, institusi pemerintah dan program pembelajaran bahasa Inggris dilebih dari 150 negara, dengan lebih dari 7.000.0000 orang mengikuti tesnya setiap tahun.

Berdasarkan penelitian dan standar ketat, TOEIC® didesain secara khusus untuk mengukur kemampuan individu dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris dikehidupan sehari-hari. TOEIC® menguji secara detail di 4 area berkomunikasi yaitu mendengarkan, membaca, berbicara dan menulis.

Tes TOEIC® juga telah dipetakan pada CEFR sehingga dapat memberikan data yang komprehensif dan comparable yang dibutuhkan untuk dapat mengevaluasi individu secara akurat dan obyektif di waktu kapanpun dan dimanapun tanpa memperhatikan latar belakangnya.

TOEIC program terdiri dari:
1. TOEIC® Listening and Reading Test
2. TOEIC® Speaking and Writing Tests
3. TOEIC Bridge™
4. TOEIC® Official Learning Preparation Course
5. Propell® Teacher Workshops for the TOEIC® Tests

Tiap tahunnya SMK Negeri 1 Purwokerto mengadakan test TOEIC bagi siswa-siswi di tingkat 12 guna memberikan bekal yang dapat mereka gunakan nantinya.