Kamis, 17 Agustus 2017 SMK N 1 Purwokerto mengadakan Upcara Bendera untuk memperingati hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-72. Upacara yang dihadiri oleh seluruh siswa beserta karyawan dan guru ini berjalan dengan Hikmat dan yang menjadi pembina upacara kali ini adalah Bapak H. Dwi Andi Purnomo, S.Pd, MM.

Dalam sambutanya Beliau membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan tugas anak bangsa adalah menjaga api semangat juang kepahlawanan, agar terus menyala. Sejak revolusi hingga pasca reformasi, sejak Soekarno sampai Joko Widodo, tidak boleh kita biarkan api ini redup apalagi padam, meski kena angin topan dan badai yang menghantam.

“Karena ini kekuatan dan jati diri kita sebagai sebuah bangsa pejuang. Bangsa yang tidak pernah gentar dan pantang surut ke belakang menghadapi persoalan dan tantangan,” kata Gubernur

Menuurt Gubenur peringatan HUT RI harus menjadi momentum dan menjadi penumbuh semangat warga, kemudian menjadi kehendak kuat yang akhirnya dibuktikan oleh kerja nyata. Sebab, yang paling penting, bagaimana mengisi kemerdekaan.

“Saat ini NKRI yang kita cintai senantiasa tak pernah lekang oleh ancaman dan tantangan. Dalam kemajemukan bangsa kita masih seringkali menjadi pemantik munculnya perpecahan. Dalam kain kebangsaan kita juga kerapkali terkoyak oleh karena ego dan kepentingan sepihak. Pun korupsi dan gratifikasi masih menjadi praktik yang seringkali terjadi. Serta masih banyak persoalan kita lainnya,” lanjutnya