Download Brosur DISINI

A. Jadwal PPDB

Untuk kelancaran penyelenggaraan PPDB SMA Negeri dan SMK Negeri Tahun Pelajaran 2017/2018 di Provinsi Jawa Tengah diatur dengan jadwal sebagai berikut :

  1. Jadwal PPDB SMK
a. Pendaftaran Online Mandiri : Tanggal, 11 s.d. 14 Juni 2017
b. Pendaftaraan Onliene Lewat Satuan Pendidikan

 

: Tanggal, 12 s.d. 14 Juni 2017
c. Verifikasi  Berkas : Tanggal, 12 s.d. 14 Juni 2017
d. Batas Akhir Pencabutan Berkas Pendaftaran : Tanggal, 14 Juni 2017, Pukul 10.00 WIB
e. Tes Khusus Kompetensi : Tanggal, 12 s.d. 14 Juni 2017
f. Analisis Dan Penyusunan Peringkat : Tanggal, 16 – 17 Juni 2017
g. Pengurangan Daya Tampung karena ada peserta didik yang tinggal kelas : Tanggal, 18 Juli 2017
h. Pengumuman : Tanggal, 19 Juni 2017 Selambat-lambatnya pada pukul 23.55 WIB
i. Pendaftaran Ulang : Tanggal, 20 – 21 Juni 2017
j. Hari Pertama Masuk Sekolah : Tanggal, 17 Juli 2017

 

B. Persyaratan PPDB

Kelengkapan administrasi yang harus dipenuhi oleh calon peserta didik SMK yang mengikuti PPDB

berupa :

Menyerahkan dokumen asli, berupa :

  • Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN) SMP/Sederajat
  • Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) bagi calon peserta dari keluarga kurang mampu yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah (Camat setempat), dan atau foto copy Kartu Indonesia Pintar dengan menunjukkan aslinya.
  • Surat keterangan anak guru atau tenaga kependidikan yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah, dan dilengkapi dengan foto copy SK Kepegawaian orang tua siswa yang sudah dilegalisir
  • Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah

Foto copy dan telah dilegalisir pejabat berwenang (diserahkan pada saat verifikasi berkas) :

  • Ijazah SMP/sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/ijazah Program Paket B/ijazah satuan pendidikan luar negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan SMP;
  • Piagam prestasi tertinggi yang dimiliki dan sesuai kriteria yang ditetapkan;

Menyerahkan Foto copy dokumen dan menunjukkan aslinya, berupa :

  • Akta Kelahiran dengan batas usia paling tinggi 21(dua puluh satu) tahun pada awal tahun pelajaran baru 2017/2018
  • Kartu Keluarga (KK) yang menunjukan bahwa calon peserta tersebut telah berdomisili paling sedikit 6 (enam) bulan yang lalu pada saat mengikuti PPDB tahun pelajaran 2017/2018

C. Pendaftaran

  1. Tempat pendaftaran dilaksanakan di satuan pendidikan negeri pilihan pertama;
  2. Waktu pendaftaran pukul 08.00 sampai dengan pukul 13.00 WIB;
  3. Verifikasi pendaftaran dilakukan oleh satuan pendidikan;
  4. Jurnal nilai akhir dapat diakses oleh masyarakat selama masa pendaftaran;
  5. Informasi jurnal bukan merupakan penetapan hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru;

D. Tata Cara Pendaftaran

  1. Calon peserta didik SMK dapat mendaftarkan diri secara mandiri melalui internet atau datang langsung pada satuan pendidikan untuk melakukan pendaftaran dengan bantuan operator yang berada pada satuan pendidikan pilihan 1;
  2. Calon peserta didik SMK yang berasal dari luar provinsi Jawa Tengah dan atau lulusan tahun sebelumnya wajib datang langsung pada satuan pendidikan yang dituju / pilihan 1 sekaligus melakukan verifikasi berkas.
  3. Calon peserta didik SMK hanya dapat mendaftarkan diri di 2 (dua) kompetensi keahlian pada satuan pendidikan (kompetensi keahlian I dan kompetensi keahlian II).
  4. Calon peserta didik SMK dapat memindahkan pendaftaranya dengan cara mencabut berkas pada satuan pendidikan yang dipilihnya dan menyerahkan pada satuan pendidikan lainya. Apabila akan merubah pilihan kompetensi keahlian pada satuan pendidikan yang sama cukup dengan mengisi formulir baru (online).
  5. Pencabutan berkas pendaftaran paling lambat pukul 10.00 WIB pada hari terakhir pendaftaran.

E. Alur Pendaftaran

Alur pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru yang mendaftar tidak datang langsung ke satuan   pendidikan :

  1. Calon peserta didik membuka situs internet Penerimaan Peserta Didik Baru SMAN/SMKN Provinsi Jawa Tengah (http://ppdb.jatengprov.go.id)
  2. Calon peserta didik mencetak hasil pendaftaran yang telah dilakukan melalui internet;
  3. Calon peserta didik datang kesatuan pendidikan dan menyerahkan tanda bukti pendaftaran berupa print out pendaftaran dan syarat-syarat yang dibutuhkan untuk dilakukan verifikasi oleh Panitia pendaftaran;
  4. Calon peserta didik menunggu pengesahan dan penyerahan tanda bukti pendaftaran dari Panitia Pendaftaran.
  5. Calon peserta didik menerima tanda bukti pendaftaran dari Panitia sebagai bukti pada pendaftaran ulang apabila diterima;
  6. Calon peserta didik khusus SMK menerima tanda bukti pendaftaran dari Panitia yang akan digunakan untuk mengikuti tes kesehatan dan tes khusus serta bukti pada pendaftaran ulang apabila diterima.

Alur pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru yang mendaftar datang langsung ke satuan pendidikan :

  1. Calon peserta didik menuju satuan pendidikan pilihan 1 dengan membawa persyaratan yang telah ditetapkan ;
  2. Calon peserta didik dan/atau dibantu oleh operator pada satuan pendidikan melakukan entry data formulir pendaftaran melalui komputer secara online yang disediakan oleh satuan pendidikan;
  3. Calon peserta didik menyerahkan tanda bukti pendaftaran berupa print out pendaftaran dan syarat-syarat yang dibutuhkan untuk dilakukan verifikasi oleh Panitia pendaftaran;
  4. Calon peserta didik menunggu pengesahan dan penyerahan tanda bukti pendaftaran dari Panitia Pendaftaran.
  5. Calon peserta didik menerima tanda bukti pendaftaran dari Panitia sebagai bukti pada pendaftaran ulang apabila diterima;dan
  6. Calon peserta didik khusus SMK menerima tanda bukti pendaftaran dari Panitia yang akan digunakan untuk mengikuti tes kesehatan dan tes khusus serta bukti pada pendaftaran ulang apabila diterima.

F. Daftar Ulang

  1. Peserta didik yang diterima di satuan pendidikan wajib melakukan daftar ulang, dan bagi yang tidak mendaftar ulang dianggap mengundurkan diri.
  2. Persyaratan daftar ulang bagi bagi peserta didik yang dinyatakan diterima adalah sebagai berikut: Menunjukan kartu pendaftaran asli , Menunjukan Ijzah / Surat Keterangan Yang Berpenghargaan sama(SKYBS) asli.
  3. Daftar Ulang hanya berlaku untuk peserta didik baru.
  4. Peserta didik yang dinyatakan diterima tetapi tidak melakukan daftar sesuai waktu yang ditetapkan dianggap   mengundurkan diri.