Pusatrama

Potensi SMK meliputi SDM Guru, Tenaga Kependidikan dan juga siswa, ditambah dengan adanya fasilitas baik berupa sarana, prasarana dan kurikulum ternyata dapat mendorong terwujudnya pendidikan yang senantiasa berinteraksi dengan lingkungan, baik sosial, budaya, maupun ekonomi. Pengenalan dan Praktek nyata dalam kehidupan masyarakat yang sebenarnya dapat diterapkan untuk memberikan kesempatan bagi sekolah untuk masuk dalam interaksi tersebut.

Bentuk dari kesempatan yang diberikan kepada sekolah untuk belajar berinteraksi dengan masyarakat dalam bidang ekonomi dapat berupa usaha perdagangan dalam berbagai jenis dan macamnya, dan inilah yang disebut dengan Program Business Centre.

Bussiness Center SMK Negeri 1 Purwokerto sudah mulai dirintis sejak 12 tahun yang lalu dengan mendirikan Minimarket Pusatrama. Minimarket tersebut juga digunakan sebagai tempat praktik untuk siswa-siswa Jurusan Pemasaran. Informasi yang diperoleh dari Bapak Agus Nuryanto, selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, saat ini  Pusatrama menjalin kerjasama dengan Alfamart terhitung sejak tanggal 16 Desember 2016 yang ditandai dengan perubahan interior dan eksterior Pusatrama, dan peresmiannya dihadiri oleh orang tua siswa jurusan Pemasaran. Dan juga penyerahan sertifikat yang telah disetujui oleh kedua belah pihak.

pusatrama2

Menurut informasi dari Puji Astuti selaku manager dan pengelola Pusatrama, menerangkan bahwa rata-rata pengunjung terbanyak dari kalangan siswa sendiri, dan juga ada dari kalangan masyarakat umum namun jumlahnya belum begitu besar. Pusatrama mendapat stok barang dari distributor, baik itu produk makanan,minuman,kosmetik dan lainnya.

Selain Pusatrama, Bussines Center SMK Negeri 1 Purwokerto juga memiliki unit bisnis lain, seperti Obelix yang bergerak di bidang percetakan berbasis multimedia, fotocopy, toko Nisa Kariema Collection yang menjual produk fashion seperti  baju,kerudung dan lain sebagainya, Aegis Computer yang menyediakan alat-alat komputer dan servis komputer.