4S-WEB

SMK Negeri 1 Purwokerto terus berupaya untuk menguatkan pendidikan karakter di sekolah, salah satunya adalah dengan menerapkan Budaya 4S (Salam, Senyum, Sapa dan Sopan santun).

Budaya 4S ini dimulai dari kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan yaitu dengan menyapa dan menyalami setiap siswa-siswi saat akan memasuki lingkungan sekolah. “Kami menempatkan guru-guru di depan pintu gerbang mulai jam 6.30 sampai  jam 7.00 WIB untuk menyapa dan menyalami siswa, sehingga terjalin budaya untuk salam kepada mereka,” ujar Kepala SMKN 1 Purwokerto, H. Asep Saeful Anwar, SP,MM.

“Jadwal ini dibuat khusus untuk bapak ibu guru. Sehingga apabila dirata-rata, minimal satu bulan sekali bapak dan ibu guru dapat berinteraksi langsung dengan sebagian besar siswa.”. Untuk itulah, SMKN 1 Purwokerto dalam rangka menjadikan sekolah berbudaya dan berkarakter bangsa, dirinya melihat indikator tersebut dengan beberapa kegiatan lainnya, salah satunya adalah sebelum memulai pelajaran dengan berdoa dan tadarus Alquran bagi siswa muslim, dan kerohanian bagi siswa lainnya.

”Bahkan dari pengucapan salam pada penerapan budaya 4 S, akan berdampak positif bagi siswa. Meraka akan lebih memahami tentang kebersamaan dan hormat kepada guru dan tamu, juga memberikan pelajaran silaturahim, bahwa semakin banyak saudara dan teman lebih baik”. Beliau berharap budaya 4S ini terus ditingkatkan di SMKN 1 Purwokerto.