webinsi

Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama, karena dalam keluarga inilah anak pertama-tama mendapatkan didikan dan bimbingan. Juga dikatakan lingkungan yang utama, karena sebagian besar dari kehidupan anak adalah di dalam keluarga, sehingga pendidikan yang paling banyak diterima oleh anak adalah dalam keluaga.

Namun demikian, orang tua perlu bekerja sama dengan pusat pendidikan tempat mengamanatkan pendidikan anaknya. Tujuannya adalah tetap memantau setiap perkembangan pendidikan anak dan tidak melepaskan tanggungjawab. Hal itu merupakan bentuk tanggung jawab orang tua terhadap pendidikan anaknya apabila ia sendiri merasa tidak mampu untuk memberikan pendidikan yang dibutuhkan anaknya.

15003256_1177502248998475_9030312820413094319_o

Berangkat dari hal tersebut, pada hari Sabtu (12/11/2016) SMKN 1 Purwokerto mengadakan kegiatan Pendidikan Keluarga bagi orang tua Siswa Kelas X. Acara yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas ini berlangsung cukup menarik. Dalam kesempatan tersebut, orang tua siswa juga diberikan pengetahuan tentang pendidikan anak di era digital.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan membentuk paguyuban orang tua / wali yang dipandu oleh semua  Wali Kelas X. Kepala SMKN 1 Purwokerto, Bapak H. Asep Saeful Anwar, SP, MM berharap agar kegiatan tersebut dapat terus berlanjut. Komunikasi antara orang tua dan sekolah akan semakin intens, apalagi setelah dibentuknya kelas inspirasi. Sehingga program-program sekolah akan semakin cepat sampai ke orang tua siswa.