Siswa kelas XII SMKN 1Purwokerto hari ini secara serentak akan melaksanakan kegiatan Ujian Praktik Kejuruan (UPK). Dijadwalkan kegiatan ujian akan berlangsung selama 3 hari (15 – 18 Februari 2016). Pelaksnaan UPK pada tahun ini ada sedikit perbedaan dibandingkan dengan pelaksanaan UPK pada tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahun ini pelaksanaan UPK di enam program keahlian yaitu Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Multimedia, Teknik Komputer dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak dan Farmasi dilaksanakan oleh LSP P1 SMKN 1 Purwokerto. Sementara untuk program keahlian Pemasaran dan Perbankan Syariah masih melaksanakan UPK secara mandiri.

LSP-P1 SMKN 1 Purwokerto didirikan untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi terhadap Siswa SMKN 1 Purwokerto sesuai dengan program keahlian yang menjadi peminatannya sehingga diharapkan lulusannya dapat bekerja sesuai dengan kompetensinya. Pengukuran kompetensi didasarkan pada Standar Kompetensi Kerja Indonesia (SKKNI) yang diambil beberapa elemen kompetensi dari beberapa skema kompetensi agar sesuai dengan arah pendidikan pada setiap program keahlian.