Sebanyak 517 siswa SMKN 1 Purwokerto, hari ini, Rabu (1/4/2015) sampai dengan Senin (6/4/2015) menggelar try out ujian nasional berbasis komputer atau computer based test (CBT). Try out digelar sebagai persiapan menjelang UN yang akan dilaksanakan pada Senin (13/4) mendatang. Suasana try out dibuat serupa dengan jadwal UN CBT sesungguhnya yang dibagi dalam tiga sesi per hari.

Kepala SMKN 1 Purwokerto, H. Slamet Sartono, SP, M.Pd mengatakan, try out dilakukan untuk membiasakan siswa mengerjakan UN dengan komputer. Perangkat lunak yang digunakan untuk try out ini sama dengan perangkat lunak untuk penyelenggara UN sebenarnya. “Dengan penggunaan tampilan layar, lokasi tempat duduk, dan komputer yang sama seperti yang mereka gunakan saat ini, harapannya mereka betul-betul siap pada harinya nanti”.

Sebelumnya, SMKN 1 Purwokerto telah menyelenggarakan try out sebanyak satu kali. Try out pertama dilaksanakan sekitar akhir Maret untuk sekadar mengenalkan siswa dengan model CBT. Pelaksanaannya hanya digelar sehari. 200 siswa pertama mengikuti UN CBT sesi 1 yang berlangsung mulai pukul 09.00-11.00 yang diikuti dengan 200 siswa kedua pada sesi 2 yang dijadwalkan dimulai pukul 11.30-13.30, dan sisanya di sesi 3 pada pukul 14.00-16.00.

Ia menambahkan, kegiatan belajar mengajar akan berlangsung hingga Kamis (9/4) atau Jumat (10/4). Namun, lanjutnya, suasana pembelajaran akan dibuat lebih santai. “Diharapkan anak-anak tidak jenuh sebelum menghadapi UN yang sebenarnya,” tutur Slamet Sartono. Lebih lanjut beliau berharap, penyelenggaraan UN CBT dapat berlangsung dengan lancar.

Pada Try Out hari pertama tersebut, SMKN 1 Purwokerto juga mendapat kunjungan dari Kabid. Dikmen Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas dan Hendriawan dari Pustekom. Mereka melihat secara langsung 10 ruang yang digunakan untuk kegiatan try out Ujian Nasional CBT tersebut.