Bertempat di ruang sidang SMKN 1 Purwokerto, hari ini beberapa guru dan siswa kelas XI RPL mengikuti Webminar yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Menengah. Apa yang dimaksud dengan webminar ? Webminar adalah acara seminar yang diselenggarakan melalui web, oleh karena itu disebut sebagai “webinar”.

Kesamaan antara webinar dengan seminar biasa adalah :

  1. Ada jadwal tertentu.
  2. Ada presentasi tertulis dan lisan.
  3. Ada sesi tanya-jawab.
  4. Ada proses pendaftaran.
  5. Ada recording (perekaman) proses webinar.

Sedangkan perbedaan antara webinar dengan seminar biasa adalah :

  1. Pada webinar peserta bebas menentukan tempat, asalkan tersedia perangkat komputer dan koneksi internet. Sedangkan untuk seminar tempatnya telah ditentukan.
  2. Pada webinar koneksi internet dan perangkat komputer (laptop atau PC) itu harus tersedia.
  3. Pada webinar, peserta berkomunikasi dengan peserta lain dan dengan pembicara hanya melalui chatting, sedangkan pembicara berkomunikasi melalui chatting dan voice, juga webcam.

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Pembinaan SMK, Drs. M.Mustaghfirin Amin, MBA dan praktisi di bidang IT Onno W. Purbo. Dari 510 SMK yang diundang, tercatat hanya sekitar 60 SMK dari seluruh Indonesia yang terdaftar mengikuti kegiatan tersebut. Secara umum webinar tersebut berjalan lancara meskipun masih dijumpai beberapa permasalahan seperti, putusnya koneksi dengan server pusat, hilangnya video dan suara.

Materi yang disampaikan pada Webinar tersebut yaitu Sosialisasasi Cyberpreneur Competition 2014/15. Materi yang akan dilombakan dalam ajang tersebut adalah WLAN, System Network Admin, Aplikasi Mobile Android, Toko Online, Web Portal Daerah, Membuat Rencana Bisinis dan Web Desain Statis.