Tahun 2013 ini, SMKN 1 Purwokerto sebagai ICT Center SMK Kabupaten Banyumas kembali melaksanakan kegiatan  Workshop Data dan Informasi. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 26 – 27 Desember 2013 ini di buka oleh Kepala SMKN 1 Purwokerto  H. Slamet Sartono, S.P, M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan betapa pentingnya kegiatan ini. Harapannya semua peserta dapat mengikuti kegiatan dengan serius sehingga bisa diperoleh data sekolah yang benar-benar valid.

Workshop ini diikuti oleh operator pendataan sekolah dari 70 SMK Se Kabupaten Banyumas. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini diisi dengan kegiatan update data PAS SMK. PAS SMK adalah aplikasi pendataan secara online yang digunakan oleh Sekolah Menengah Kejuruan. Pada aplikasi ini sudah sudah mencakup data Sekolah, Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Siswa sampai dengan fasilitas sekolah. Kenapa data ini sangat penting ? Karena ke depannya kebijakan-kebijakan dari pusat terkait dengan BOS, RKB, dan lain-lain akan berdasarkan pada hasil input data sekolah tersebut. Sehingga input data yang akurat ini sangat diperlukan.

Kegiatan yang berlangsung di Aula SMKN 1 Purwokerto ini, di tutup secara resmi oleh Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Drs. Joko Wiyono, M.Si. Dalam sambutannya sebelum penutupan, beliau kembali menekankan pentingnya pendataan sekolah sebab data-data tersebut akan menjadi acuan untuk menentukan kebijakan-kebijakan dalam dunia pendidikan. Beliau juga mengharapkan agar sekolah-sekolah di wilayah kabupaten banyumas tidak menyerahkan pendataan sekolah ini, hanya pada satu orang tapi harus dibentuk team. Tujuannya agar dapat diperoleh data yang dapat dipertanggungjawabkan keakuratannya.