Dalam rangka pengembangan dan peningkatan Sumber Daya Manusia di SMKN 1 Purwokerto, belum lama ini digelar kegiatan Outbond dan Arung Jeram di Banjarnegara. Kegiatan ini bertujuan agar Guru, Staff dan Karyawan Tata Usaha mempunyai persepsi dan tujuan yang sama untuk kemajuan sekolah. “Selain itu, kegiatan ini merupakan refreshing setelah kita bekerja optimal sebagai tuan rumah LKS Tingkat Provinsi Jawa Tengah”, demikian seperti disampaikan oleh Drs. H. Riyanto, M.Pd selaku WKS SDM & TI. Kegiatan ini diikuti oleh semua guru, Staff dan Karyawan Tata Usaha. “Kita akan mengambil start dari Desa Bojanegara dengan jarak tempuh 14 Km dan akan ditempuh dalam waktu 3 jam”, tambahnya.

Salah satu alasan dipilihnya lokasi Arung Jeram di Sungai serayu banjarnegara, karena sungai ini mempunyai tingkat kesulitan kelas 3+ dan dengan jarak tempuh 38 KM , yang masih aman untuk kegiatan Wisata arung jeram baik untuk pemula maupun profesional, dan merupakan sungai terbaik yang ada di Jawa Tengah dengan letak geografis yang sangat strategis. Karakteristik sungai yang bervariasi sehingga kondisi jeramnya juga sangat variatif dan tidak membuat kita jenuh dalam pelaksanaan arung jeram.

Wisata arung jeram juga merupakan wisata yang sangat menyenangkan dan dapat memacu adrenalin kita, banyak hal yang dapat kita ambil dari kegiatan ini :  melatih keberanian, kebersamaan dan akan memberikan suasana hati menjadi fresh.