Hari ini, Jumat 11 Oktober 2013 seluruh siswa SMKN 1 Purwokerto melaksanakan kegiatan pemilihan ketua OSIS (PILKETOS) periode 2013 – 2014. Ajang ini sekaligus sebagai media untuk belajar berdemokrasi. Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS, merupakan sebuah organisasi yang tidak asing bagi sekolah di manapun. OSIS merupakan organisasi siswa yang memiliki tanggung jawab besar bagi sekolah. Oleh karena itu, seorang ketua OSIS harus benar-benar kompeten mengatur organisasi ini untuk dapat mewujudkan visi-misi sekolah.

Selain bisa memilih ketua OSIS secara langsung, model pemilihan Ketua OSIS seperti ini juga merupakan sebuah pembelajaran bagi siswa mengenai hakikat hidup berdemokrasi. Pada dasarnya, masyarakat yang demokratis adalah masyarakat yang sadar betul akan partisipasinya secara langsung dalam proses perubahan perbaikan. Juga, menyampaikan segala sesuatu secara cerdas dan aspiratif.

Berikut ini calon ketua OSIS masa bakti 2013/2014
1. Berliana Febrianti Rosadi (XI AK 3)
2. Wahyu Febrianto (XI FM 2)
3. Muhammad Ma’ruf Tofani (XI AK 2)
4. Bunga Atika Setianingrum (XI AP 2)
5. Munif Fadilah (XI MM 1)
6. Panca Septiana (XI MM 2)
7. Asky Afifah (X FM 1)
8. Nurma Kristiana (X MM 1)

Untuk pemilihan ketua OSIS kali ini juga memanfaatkan Teknologi Informasi. Ada sebuah system yang dibuat secara khusus oleh anak-anak RPL yang diketuai oleh Raka Aditya siswa kelas XII RPL. Dalam system ini, pemilih hanya melakukan login, kemudian di layar monitor akan menampilkan gambar calon ketua OSIS. Selanjutnya  pemilih tinggal melakukan klik pada gambar calon yang akan dipilih.

“Pemanfaatan TIK ini cukup bagus, tapi tetap harus diealuasi untuk pelaksanaan di tahun-tahun mendatang agar lebih baik lagi,” seperti yang disampaikan oleh Drs. Teguh Wibowo (Waka Kesiswaan). Perolehan suara terbanyak diraih oleh Berliana Febrianti Rosadi mengungguli calon-calon yang lain. Selamat, semoga dapat melaksanakan amanah dengan baik dan membawa OSIS SMK Negeri 1 Purwokerto menjadi lebih maju dan berprestasi.