BANN-LKS-2-300x180Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya diharapkan mampu mendorong pendidikan vokasi di tiap kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional. Sebab, pendidikan vokasi akan berpengaruh pada pengurangan jumlah kemiskinan dan pengangguran di setiap daerah.

Lomba yang diikuti oleh siswa SMK ini mengkompetisikan puluhan bidang sesuai dengan kompetensi keahliannya. Untuk LKS SMK ke 22 Provinsi Jawa Tengah tahun 2013 ini akan mempertandingkan 50 mata lomba. Lomba tersebut terbagi dari, teknologi dan industri, teknologi informasi, pariwisata, bisnis manajemen dan pekerjaan sosial, pertanian perikanan dan kelautan, serta kriya seni dan kesehatan.LKS ini rencana akan diikuti ribuan peserta dari 35 kabupaten/kota se-Jateng. Sedangkan pelaksanaan lomba dipusatkan di Kota Purwokerto sebagai tuan rumah mulai tanggal 16 sampai dengan 18 September 2013.

Kebijakan vokasi ini bukan untuk mengesampingkan pendidikan SMA, karena mereka diproyeksikan untuk melanjutkan kuliah. Sedangkan, SMK diorientasikan sebagai pusat pendidikan dan pelatihan yang membutuhkan ketrampilan untuk mewujudkan kebijakan Jateng sebagai provinsi vokasi.

Kegiatan ini merupakan salah satu media seleksi provinsi untuk mengirimkan wakilnya di ajang LKS SMK tingkat nasional pada tahun 2014 mendatang. Adapun manfaatnya bagi peserta, yakni melalui kompetensi ini kemampuan mereka akan diakui di dunia industri, karena sebagian besar para juri dari industri.

Website : www.lkssmkjateng2013.com
Blog      : www.lkssmkjateng.blogspot.com
Email     : lkssmkjateng2013@gmail.com & lkssmkjateng2013@yahoo.com
FansPage FB : LKSSMKJATENG2013