Promosi dan mutasi bagi pejabat di lingkungan pemerintahan adalah sesuatu hal yang biasa sebagai upaya penyegaran dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahan. Hal ini terjadi secara periodik, baik pejabat di tingkat pusat maupun pejabat di daerah. Demikian pula halnya dengan pejabat kepala sekolah pada sekolah negeri di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas. Salah satunya adalah Kepala SMKN 1 Purwokerto, Drs. Ruslan Haris R, M.Pd yang mutasi ke SMKN 2 Banyumas.

Sebagai tindak lanjutnya maka digelar acara Lepas Sambut kepala sekolah yang di gelar di “Oemah Daun” pada hari Rabu 3 Juli 2013 lalu. Dari Drs. Ruslan Haris R, M.Pd kepada H. Slamet Sartono, SP, M.Pd. Acara lepas sambut kepala sekolah ini berjalan lancar dan khidmat. Acara diawali dengan pembacaan doa oleh Drs. Sujiman, MA.

Lepas Sambut1

Dalam kata sambutannya Drs. Ruslan Haris R, M.Pd. menyampaikan bahwa mutasi adalah hal biasa dan bukan luar biasa karena hal tersebut merupakan bagian dari konsekwensi jabatan di instansi manapun termasuk di lembaga pendidikan seperti disekolah. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargan yang setinggi-tingginya atas segala macam bentuk kerjsama, pengabdian dan kontribusi setiap pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik selama menjadi kepala SMKN 1 Purwokerto yang diemban selama tiga tahun.

Pada bagian lain sambutan beliau juga menyampaikan pula permohonan maaf bila selama memimpin SMKN 1 Purwokerto ada sikap, tutur kata maupun kebijakan-kebijakan yang kurang berkenan di hati. Hal itu dilaksanakan, diatas segala-segalanya hanya semata-mata dikarena berkeinginan untuk memajukan sekolah tercinta SMKN 1 Purwokerto.

Sementara itu H. Slamet Sartono, SP, MPd dalam sambutannya mengatakan dengan modal inilah beliau berharap bahwa konsolidasi dan sosialisasi diri bukanlah proses yang harus dilakukan lama sehingga bisa langsung action berifikir, berencana dan bekerja.

Pergantian kepala sekolah di semua jenjang pendidikan dan dimanapun adalah sebuah keniscayaan dan konsekwensi dari hal tersebut juga akan menghadirkan setiap pemimpin dengan pribadi, manajemen, pendekatan dan pola kepemimpinan yang tak mungkin sama dan setiap era kepemimpinan pasti memiliki plus minus yang akan menyertainya, seperti halnya diera kepemimpinan Drs. Ruslan Haris R, M.Pd banyak kemajuan yang layak dicatat sebagai prestasi selama beliau menjabat, baik dibidang fisik bangunan sekolah maupun prestasi akademik maupun nonakademik, sesuatu yang harus saya lanjutkan. Dalam sambuatannya beliau juga menyampaikan harapan-harapan sebagai kepala sekolah baru, salah satunya adalah mengajak semua keluarga besar SMKN 1 Purwokerto membangun kebersamaan dengan semangat kekeluargaan.