pers20131Para teknokreator Indonesia bisa mulai bersiap-siap lagi, karena Indonesia Information and Communication Technology Award (INAICTA) ketujuh akan segera membuka pendaftarannya.

Hari ini (14/02), bertempat di Ruang Serba Guna Kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi, Menteri Komunikasi dan Informasi RI, Bapak Tifatul Sembiring, secara resmi membuka rangkaian acara INAICTA 2013 yang akan berlangsung dari bulan ini hingga malam penganugrahan Inaicta pada tanggal 1 September 2013.

Banyaknya potensi yang dimiliki Indonesia terutama dalam bidang teknologi, informasi, dan komunikasi melatarbelakangi diangkatnya tema “TEKNOKREASI: A Nation of Possibilities.” Melalui tema tersebut, INAICTA ingin menegaskan bahwa Indonesia memiliki potensi besar di segala bidang, salah satunya bakat besar untuk berkiprah di bidang ICT, terutama Creative ICT. “Saya pikir dengan bakat besar yang dimiliki oleh para teknokreator Indonesia, tidak ada yang tidak mungkin untuk dikreasikan dari sisi ICT. Kita bisa lihat banyak bukti, salah satunya para pemenang INAICTA tahun-tahun sebelumnya yang juga berprestasi di ajang internasional,” ucap Andreas Surya, Ketua Pelaksana INAICTA 2013.

Pada tahun ketujuh ini, INAICTA ingin memperkuat posisinya tidak hanya sebagai pemberi wadah prestasi bagi teknokreator Indonesia, namun juga agar dapat menjadi ajang karya ICT Indonesia yang dapat menjangkau seluruh negeri, berkesinambungan, dan memberi nilai tambah pada peserta, industri dan masyarakat. Target itulah yang mendorong penyelenggaraan INAICTA tahun ini dan selanjutnya dapat memberikan dampak ekspos yang besar kepada para pemenangnya. “Rangkaian acara INAICTA 2013 telah dirancang untuk memfasilitasi ekosistem ICT Indonesia agar dapat menghasilkan tidak hanya teknokreator yang handal, namun juga dapat menjadi entepreneur di bidang digital yang sukses menembus industri,” kata Raymond Kosala, salah satu anggota komite juri INAICTA 2013. Berkaitan dengan ekosistem ICT tersebut, maka pada tahun ini INAICTA juga akan membentuk jaringan alumni yang diarahkan untuk berkembang menjadi sebuah komunitas untuk berbagi dan berkolaborasi.

Seperti umumnya ajang penghargaan, maka INAICTA pun membagi kategori untuk karya-karya ICT yang diperlombakan. Ada 21 kategori yang dihadirkan pada INAICTA kali ini, dengan kategori Games dan Interactive Media sebagai kategori baru yang akan cukup disorot. Kategori games sendiri akan dibagi menjadi tiga, yaitu kategori games, kategori advergames dan kategori edugames. “Kami memiliki alasan khusus mengapa memasukkan kategori games dan interactive media pada INAICTA tahun ini, yaitu besarnya potensi kategori ini dan kualitas karya yang tidak kalah dengan pemain internasional,“ jelas Andreas. Dengan ditambahkannya kategori games secara khusus, diharapkan dapat memancing motivasi para pencipta permainan digital untuk semakin kreatif berkreasi. Keduapuluhsatu kategori tersebut akan dapat diikuti oleh masyrakat umum, pribadi maupun perusahaan, mahasiswa hingga pelajar sekolah dasar dan tak terbatas untuk di seluruh Indonesia.

Acara yang tahun ini menargetkan untuk diikuti oleh 1500 karya dari seluruh Indonesia ini didukung oleh para komunitas dan pelaku industri teknologi dan digital yang bekerja bersama-sama untuk menyukseskan perhelatan tahunan ini sehingga menjadikannya sebagai ajang yang dibangun oleh komunitas untuk membangun komunitas.

Rangkaian INAICTA 2013 akan dimulai dengan pendaftaran yang dibuka dari tanggal 21 Februari sampai 31 Juli 2013. Dibarengi dengan roadshow yang akan diadakan di 5 kota dari Maret sampai Juni bekerja sama dengan komunitas lokal dan universitas-univeritas di tiap daerah. Sebagai penutup rangkaian INAICTA 2013, pada tanggal 31 Agustus akan diadakan konferensi, workshop dan pameran hasil karya nominator, dilanjutkan dengan pengumuman pemenang INAICTA 2013 yang akan digelar pada 1 September 2013.

Sumber : http://www.inaicta.web.id/