Astronot Rusia di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) telah mengirimkan data ilmiah menggunakan saluran komunikasi laser untuk kali pertama di dunia internasional. Demikian laporan yang dilansir Badan Antariksa Rusia atau Roscosmos, Selasa (29/1) waktu setempat.

Informasi tersebut ditransfer melewati atmosfer bumi dengan kecepatan 125 megabits per detik (Mbps) dari terminal laser. Total sebanyak 400 Mbps data diterima termasuk pencitraan bumi dan informasi telematika.

Pengiriman data tersebut adalah bagian dari proyek Sistem Komunikasi Laser untuk pertukaran data antara ISS dan stasiun bumi Arkhyz di Kaukasus Utara, Rusia.

Tim astronot terdiri dari insinyur penerbangan berbagai negara seperti Oleg Novitsky, Yevgeny Tarelkin dan Roman Romanenko yang merupakan anggota tim Ekspedisi ISS 34 dari Rusia.

Selain itu, terdapat astronot Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) Kevin Ford menjadi komandan serta insinyur penerbangan Tom Marshburn dan astronot Badan Antariksa Kanada Chris Hadfield.

Sumber: Republika Online